6 Cara Menebalkan Kulit Wajah yang Tipis

Kulit Tipis

Bukan sekadar muncul spider vein saja, tapi ciri-ciri kulit wajah tipis adalah sangat mudah luka dan robek. Kondisi ini umum terlihat pada orang berusia lanjut. Bukan hanya di wajah, kulit tipis juga bisa terlihat di tangan dan juga lengan.

Lebih jauh lagi, cara menebalkan kulit wajah yang menipis bisa dengan perawatan di klinik seperti microneedling atau laser. Selain itu, ada juga cara mengembalikan kulit wajah yang tipis secara alami dan bisa dilakukan di rumah.

Cara menebalkan kulit wajah yang menipis

Sebanyak 90% ketebalan kulit bergantung pada kondisi lapisan tengah atau dermis. Di dalamnya, terdapat kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan, fleksibilitas, hingga elastisitas kulit.Saat dermis menipis, di situlah terjadi kulit wajah tipis. Beberapa cara menebalkan kulit wajah yang menipis di antaranya:

1. Microneedling

Prosedur microneedling atau dermarolling bertujuan untuk meremajakan kulit. Pertama-tama, dokter akan memberikan obat anestesi topikal dan mulai mengaplikasikan roller dengan jarum berukuran sangat kecil.Setelah diaplikasikan, akan ada luka kecil akibat tusukan jarum namun tidak akan merusak kulit. Setelah melakukan perawatan ini secara berkala, produksi kolagen akan meningkat. Dengan demikian, elastisitas dan kekenyalan kulit pun bertambah.

2. Dermal filler

Ada banyak pilihan prosedur dermal filler yang bisa membantu mengisi kembali volume kulit. Lewat cara ini, maka kulit wajah akan jadi semakin kenyal dan tampak muda. Bukan hanya di wajah, ada juga yang mencoba metode ini untuk meremajakan kulit tangan.Ada metode filler yang menunjukkan hasil instan dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Selain itu, ada juga yang perlu perawatan beberapa kali hingga menunjukkan hasil. Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

3. Perawatan laser

Ada banyak pilihan perawatan laser yang bisa membantu menyamarkan gejala penuaan akibat paparan sinar ultraviolet. Ada jenis laser ablatif yang dapat memberikan efek uap dan menampakkan hasil dramatis. Namun, perlu waktu lebih lama untuk pemulihan.Sementara laser non-ablatif membuahkan hasil yang tidak terlalu signifikan namun proses pemulihannya sangat cepat. Dermatologis akan membantu menentukan prosedur laser mana yang sesuai kebutuhan kulit.

4. Pulsed light dan terapi fotodinamik

Perawatan untuk meremajakan kulit yang cukup ringan disebut dengan intense pulsed light. Fokusnya adalah pada gelombang cahaya spesifik yang dipancarkan ke kulit. Istilah lain untuk prosedur ini adalah photofacial.Sementara terapi fotodinamik merupakan metode yang lebih intens. Sebelum dimulai, dokter akan melapisi kulit dengan produk topikal yang sensitif terhadap cahaya.Kedua jenis cara menebalkan kulit wajah yang menipis di atas perlu dilakukan beberapa kali hingga membuahkan hasil. Semuanya bisa memberi stimulasi produksi kolagen dan dapat mengurangi efek nyata kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

5. Mengubah pola makan

Pola makan sehat tentu berkaitan erat dengan kesehatan kulit. Komponen yang penting bagi sehatnya kulit dapat ditemukan di buah, sayuran, ikan, minyak, dan juga daging.Selain itu, mencegah penuaan kulit bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi tambahan suplemen, seperti:

Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen. Ada beberapa jenis suplemen yang berinteraksi dengan obat yang sedang dikonsumsi.

Related Articles

Responses